Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Tidak Ada Kata Terlambat Memulai Bisnis Diusia Tua

Seringkali yang menjadi topik pada berita utama dan penerima sebagian besar penghargaan adalah wirausahawan muda. Contohnya saja Mark Zuckerberg pendiri facebook, Matt Mullenweg pemilik WordPress, dan Pete Cashmore pemilik Mashable. Semuanya berusia diawal 20-an, dan berada di urutan teratas dalam daftar pengusaha sukses. Tetapi usia pendiri bukanlah faktor utama yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu bisnis.
Bahkan, ada argumen yang mengatakan bahwa mereka yang memulai bisnis di usia tua memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika Anda berusia di atas 55 tahun, kemungkinan sukses anda dua kali lebih tinggi dibanding rekan Anda yang di bawah 35 tahun untuk meluncurkan startup dengan pertumbuhan tinggi. Anda tidak percaya?
Berikut 7 alasan mengapa Anda bisa menjadi wirausaha yang lebih baik daripada saat masih muda, diantaranya adalah :

1.    Anda Memiliki Lebih Banyak Pengalaman Hidup.
Manfaat paling jelas dan tak terbantahkan untuk memulai bisnis di usia tua adalah kenyataan bahwa Anda sekarang memiliki pengalaman hidup bertahun-tahun yang berguna untuk usaha baru Anda. Pengalaman anda hingga saat ini menjadikan anda memiliki tingkat ketajaman bisnis yang tidak Anda miliki di usia 20-an. Anda juga lebih sabar dan bersedia mengambil setiap langkah dalam proses startup bisnis bahkan dalam langkah-langkah yang kurang menyenangkan yang dapat memberikan bisnis Anda peluang terbaik untuk meraih kesuksesan.
Meskipun Anda mungkin tidak memiliki pengalaman langsung dalam proses startup bisnis, sangat mungkin bahwa Anda bisa memahami pentingnya hal-hal seperti memiliki rencana bisnis, membuat rencana keuangan yang solid, dan melakukan riset pasar yang menyeluruh. 

2.    Anda Memiliki Banyak Relasi
Pada tahap kehidupan Anda ini, Anda kemungkinan telah membangun jaringan rekan dan kolega yang luas. Dan karena bisnis baru seringkali membutuhkan jaringan untuk berkembang, koneksi Anda akan sangat berharga saat Anda memulai. Pikirkan tentang semua ahli yang Anda kenal yang dapat membagikan saran mereka atau memberikan layanan untuk membantu Anda dalam usaha baru Anda, seperti pengacara, akuntan, pemasar, pemodal ventura, perencana keuangan, agen real estate, kontraktor, perancang, dan penulis.
Kedalaman jaringan yang berkembang ini sering membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibangun, jadi usia tentu saja merupakan aset dalam situasi ini. Orang-orang yang berpengalaman di dunia bisnis memahami pentingnya jejaring dan bahkan meminta perkenalan sangat dibutuhkan untuk memajukan usaha. Ini sering dapat memperluas jaringan Anda dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat dan memberi Anda semua sumber daya yang Anda butuhkan untuk memulai. 

3.    Anda tahu Cara Merancang dan Mencapai sebuah Visi.
Penentuan sasaran adalah bagian penting dari memulai dan menjalankan bisnis, dan diperlukan secara konsisten selama masa bisnis. Di masa muda, kita tidak selalu memahami kekuatan dari penetapan visi yang cerdas untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam kehidupan. Anda sebagai pembuat tujuan yang berpengalaman, akan mudah dalam melewati proses menguraikan hasil yang diinginkan, serta tindakan yang akan Anda ambil untuk menjadikan hasil itu menjadi kenyataan.
Pengalaman hidup Anda juga akan membantu Anda tetap objektif saat Anda mempertimbangkan jalur berbeda yang dapat Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda sehingga Anda dapat bergerak maju dengan cara yang lebih efisien, hemat biaya, dan produktif. 

4.    Anda Mungkin Memiliki Kelebihan dengan Investor.
Sementara wirausahawan muda sering disukai oleh investor karena dapat lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan kepemilikan saham yang lebih besar dan memiliki kontrol lebih besar dalam bisnis, dapat dikatakan bahwa wirausahawan yang lebih tua menawarkan peluang keberhasilan yang lebih baik karena apa yang mereka tawarkan.
Banyak pemodal ventura mencari wirausahawan yang lebih tua, dan berpengalaman. Seperti yang ditunjukkan Susan Schreter ,yang mengatakan bahwa investor terbaik adalah oportunistik, sehingga dengan mendukung pengusaha yang lebih tua dan lebih bijaksana yang telah banyak melakukan kesalahan, mereka dapat melakukan investasi yang lebih cerdas. 

5.    Anda Tahu Apa yang Anda Sukai.
Banyak wirausahawan muda tahu mereka ingin memulai sebuah bisnis, tetapi tidak tahu persis bagaimana mereka ingin melakukannya. Ini karena mereka belum punya cukup waktu untuk mengembangkan gagasan tentang apa yang benar-benar mereka sukai. Richard Branson mengatakan bahwa "Gairah adalah salah satu motivator paling efektif ketika memulai bisnis dan seringkali jadi salah satu peramal terkuat apakah sebuah ide akan mengarah pada kesuksesan."
Tanpa hasrat untuk pekerjaan Anda, kemungkinan besar ide bisnis Anda akan gagal di beberapa titik. Nah, Pengusaha yang lebih tua tahu apa yang mereka sukai - dan apa yang tidak ingin mereka lakukan - mereka dapat menyesuaikan bisnis baru agar sesuai dengan hal tersebut. 

6. Anda Memiliki Pengetahuan yang Dihargai dalam Perekonomian Saat Ini.
Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran ekonomi dari industri ke bisnis berbasis pengetahuan, yang berarti sebagian besar dari kita memiliki kesempatan untuk terus bekerja dengan baik meski telah melewati usia pensiun. Faktanya, usia membuat kita lebih berharga sebagai profesional karena kita membawa lebih banyak keterampilan dan pengetahuan saat bekerja. Ini juga berlaku bagi pengusaha. Pergeseran ekonomi ini akan mendukung wirausahawan yang lebih tua yang memutuskan untuk berbisnis karena Anda dapat mengubah pengalaman Anda menjadi komoditas yang sangat dicari. 

7.    Anda Lebih Aman Secara Finansial.
Memulai bisnis ketika Anda masih muda berarti Anda mungkin akan dibebani biaya seperti pembayaran hipotek, pengeluaran anak-anak, perawatan kesehatan, asuransi , pembayaran mobil, pembayaran pinjaman siswa dan tabungan pensiun. Sementara pengeluaran selalu ada. Semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda telah membayar persentase yang signifikan dari beban biaya tersebut. Ini membebaskan uang tunai anda untuk berinvestasi dalam bisnis Anda.
Plus, memiliki tanggung jawab keuangan yang lebih sedikit di usia tua membuat ide memulai bisnis menjadi kurang berisiko. Karena secara teoritis, Anda akan jauh lebih sedikit kehilangan jika semuanya tidak berjalan baik.   

Itulah pembahasan mengenai 7 Alasan Tidak Ada Kata Terlambat Memulai Bisnis Diusia Tua. Semoga beramnfaat ya