6 Ide Bisnis yang bisa Dijalankan Mahasiswa dan Pelajar

Menjadi mahasiswa adalah impian banyak remaja. Selain menambah ilmu, juga dapat menambah teman serta mampu membuat impian anak muda lebih tinggi. Namun, mendapatkan itu semua tentu tidaklah mudah. Bagi mereka yang pintar, mereka bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingkat lebih tinggi. Namun, sayangnya tidak semua anak berasal dari kelompok yang bisa mendapatkan beasiswa.
Untuk hal ini, banyak dari kita bertemu dengan pelajar yang sudah bekerja, memulai bisnis untuk mendapatkan uang saku tambahan. Berikut ini adalah bisnis yang cocok untuk pelajar, tidak hanya untuk menambah uang saku tetapi juga untuk membantu menghidupi diri mereka sendiri, diantarannya adalah :

1. Jualan makanan ringan
Bisnis yang pertama adalah bisnis kecil seperti makanan ringan. Tentu saja Anda sering melihat jumlah pelajar yang harus pergi lebih awal untuk mengikuti kelas. Dan banyak dari mereka yang belum sempat makan, dan ini bisa dimanfaatkan untuk jualan. Hilangkan rasa malu pada diri sendiri, mulai melakukan bisnis dengan menawarkan kepada teman-teman Anda, atau bahkan dosen dan guru ya.
Banyak sekali camilan kecil yang bisa Anda tawarkan di kampus Anda, mulai dari Aneka gorengan, Cireng, sosis goreng, bakpau dan banyak makanan lain yang bisa Anda jual. Jika Anda merasa malu untuk menawarkannya, Anda juga dapat meninggalkan makanan ringan di warung-warung terdekat, atau Anda juga dapat berbelanja sambil kembali dari kampus.

2. Pulsa dan paket internet.
Bagi mahasiswa, tentu saja tidak ada yang tidak memiliki ponsel Android, apalagi dengan kebutuhan internet untuk mendukung pembelajaran kampus yang cukup tinggi, tentu saja Anda bisa menggunakan ini untuk mendapatkan uang.
Memiliki teman yang menjual pulsa dan kuota lebih sering dicari, karena mereka tidak perlu keluar untuk membeli paket kuota dan pulsa, terutama ketika dalam situasi yang mendesak. Tidak hanya di kampus, bahkan di rumah Anda dapat membuka konterr kecil, untuk mendukung penjualan pulsa, kuota, dan listrik prabayar, tentu saja ini akan menambah pasokan uang ke kantong Anda.

3. Bisnis toko online
Bisnis selanjutnya yang cocok untuk pelajar adalah membuka toko online seperti baju, sepatu, pakaian, tas dan lainnya. Anda dapat menjual berbagai jenis barang dengan mengikuti tren yang sedang populer di kampus Anda. Sehingga bisnis toko online Anda akan selalu dicari.
Apalagi sekarang, tentu saja, hampir semua siswa tentu memiliki laptop, yang tidak hanya digunakan sebagai pembelajaran di kampus, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menemukan dompet ruapiah yang bisa Anda dapatkan.
Ada banyak toko online yang bisa Anda coba, mulai dari berjualan di Instagram, di Facebook, bahkan di Marketplace seperti Tokopedia, tetapi tentu saja Anda harus memerlukan sedikit modal awal untuk menjual. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki modal, tetapi Anda ingin menjual toko online, Anda dapat menjual online dengan sistem dropship, sistem dropship ini masih menggunakan modal dalam bentuk talang, tetapi jika Anda menjual dengan sistem dropship , kamu tidak perlu stok item. yang penting Anda harus mencari pembeli.

4. Bisnis Les Privat
Bagi Anda yang memiliki kemampuan sendiri di bidang pendidikan, tidak ada salahnya Anda membuka pelajaran privat, baik untuk siswa sekolah dasar, menengah atau bahkan sekolah menengah. Misalnya, jika Anda pintar dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya jika Anda membuka les privat bahasa Inggris, terutama bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional, mereka akan laris manis.
Dengan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki selama sekolah dulu, Anda dapat menggunakannya dengan mengajarkan ke orang lain, dengan menyediakan layanan pribadi. Hasil les privat ini juga cukup bagus, karena pada dasarnya sains itu mahal, tentunya Anda juga akan mendapat untung yang cukup besar.

5. Bisnis Jasa Cetak, Makalah, atau Fotokopi.
Bisnis yang cocok untuk siswa lain adalah bisnis layanan cetak kertas dan fotokopi. Namanya juga anak kampus, biasanya mereka memiliki beberapa peralatan seperti Cetak untuk membuat tugas kuliah, tentu saja tidak hanya digunakan untuk membuat tugas untuk kualitas Anda, Anda juga dapat menggunakan laptop Anda dan mencetak untuk mendapatkan uang.
Anda dapat membuka layanan Cetak, atau membuat makalah untuk siswa, tidak hanya siswa, Anda juga dapat menawarkan ke teman kualiah Anda, banyak kegiatan yang membuat mereka lupa untuk menyelesaikan tugas mereka. Dengan Anda sebagai penyedia layanan cetak, mereka akan merasa lebih bermanfaat.
Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda juga dapat membuat layanan fotokopi di rumah Anda, tetapi sebelum membuka layanan fotokopi, mengapa Anda harus mempertimbangkan rumah Anda, apakah di tempat yang ramai atau tidak. Karena ini biasanya menentukan bisnis Anda akan laku atau tidak.

6. Bisnis Jual Beli Buku
Bisnis yang satu ini memang cukup aneh, karena dapat dikatakan bahwa saat ini hanya sedikit orang yang ingin membaca buku, terutama anak muda, lebih tertarik membaca di Google daripada membaca buku. Namun bukan berarti tidak ada minat membaca buku, masih banyak orang yang masih mau membaca buku.
Namanya juga keberuntungan, jika Anda tidak mencobanya, Anda tidak akan punya uang, Anda dapat mencoba membeli buku-buku seperti buku masak, metode penanaman, atau buku yang memberi banyak manfaat bagi pembaca. Anda dapat mencoba menawarkan ke ibu-ibu untuk masak, dan Anda juga dapat menawarkan buku dalam bentuk buku kultivasi untuk ayah. 
Saya pikir banyak yang akan tertarik. Karena pada umumnya, orang tua saat ini tidak memahami teknologi, seperti Google dan lainnya, mereka masih tertarik pada sains yang bisa didapat dari buku.

Itulah pembahasan mengenai 6 Ide Bisnis yang bisa Dijalankan Mahasiswa dan Pelajar. Semoga bermanfaat ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel